+62838-9177-9928

Jenis sepatu formal adalah jenis sepatu yang identik digunakan untuk kegiatan formal atau resmi seperti untuk bekerja, pesta pernikahan, meeting atau kedinasan. Fungsi sepatu yang utama adalah sebagai alas kaki, selain itu juga item penampilan seseorang. Banyak jenis sepatu dengan berbagai macam model dan kegunanaannya.

Begitu juga dengan sepatu formal untuk pria, ada beberapa jenis modelnya yang bisa anda pelajari untuk memilih mana yang paling sesuai untuk penampilan anda. Bagaiaman memadukan sepatu dengan bentuk tubuh atau penampilan pria, misalnya pria dengan tubuh ideal, gemuk, pendek, tinggi, atau kurus. Sepatu formal seperti apa yang paling sesuai

 

1. Boots

sepatu boots Boots identik dengan sepatu dengan sol yang tebal dan bergerigi. Boots formal adalah yang terbuat dari kulit atau kulit sintetis dengan satu warna dan ikat tali. Formal berbeda dengan boots tracking yang biasa terbuat dari kanvas yang kuat dan desain bergaris.

Jenis boots cocok untuk pria yang punya pustur ideal atau gemuk, baik berpostur tinggi atau pendek. Sebaliknya, boots kurang cocok untuk tubuh kurus, akan terlihat kontras antara tubuh dan sol sepatu yang besar.

 

2. Derby

sepatu derbyBentuknya sama dengan sepatu pantofel pria yang memang didesain untuk acara formal, hanya saja sepatu derby pasti punya tali sepatu. Ujungnya yang yang panjang menjadikan sepatu ini paling cocok untuk pria-pria bertubuh tinggi, karena akan klop dengan model sepatu derby yang terlihat ramping dan panjang.

Sebaliknya kurang cocok bagi yang bertubuh pendek atau gemuk. Model sepatunya terkesan panjang dan runcing akan terlihat kontras jika dikenakan untuk postur tubuh pendek atau gemuk.

 

3. Oxford

sepatu oxford Sepatu oxford adalah jenis sepatu yang memiliki tali. Umumnya model sepatu ini runcing pada bagian depan dengan sedikit tambahan aksen. Warna untuk sepatu oxford biasanya hitam, cokelat, burgundy, dan putih. Sepatu ini mudah kamu padukan dengan berbagai busana formal seperti setelan jas dan sangat cocok dipakai untuk acara-acara formal.

Bentuknya sama dengan derby hanya saja ada aksennya, jadi pemakaian yang sesuai penampilan juga sama dengan jenis derby.

 

4. Apron toe

sepatu-decon apron toe
BELI DI SISNI

Jahitan model apron toe dimulai dari tengah-tengah ujung sepatu, kemudian mengitari bagian pinggir sepatunya. Model ini akan membuat sepatumu terlihat lebih santai.

Jahitan tali dari depan ke belakang adalah ciri khas Apron Toe yang memberi kesan padat dan lebar. Model Apron toe cocok dipakai semua postur tubuh, karena desaiannya lebih santai.

 

5. Loafers

loafers shoesModel sepatunya semi formal, paling cocok untuk pria berpostur gemuk yang kurang suka dengan boots. Bentuknya yang tumpul di depan dan jahitan tanpa tali memang menampilkan kesan santai. Beberapa model loafer cocok anda kenakan untuk kesempatan formal dan semi-formal misalnya untuk bekerja atau bertemu dengan klien.

Leave a comment