Mengenal Jenis – Jenis Bahan Kaos

Mau tahu jenis-jenis bahan kaos yang biasa kita pakai? Ternayata kain pada kaos itu berbeda-beda tergantung darimana produksinya. Mungkin kita merasa berbeda saat mengenakan kaos distro dibandingkan kaos pasar, baik dari kualitas, kenyamanan dan harga.

Pada umumnya setiap bahan kaos yang diproduksi konveksi pasti berbeda, menyesuikan harga yang sesuai dengan permintaan konsumen mereka. Yuk kita pelajari, pasti berguna jika kamu mau bikin kaos atau sekedar mengenal jenis bahan kaos yang akan kamu beli.

 

1. Cotton / katun Combed

Bahan katun combed terbuat murni 100% dari serat kapas alami. Bahan combed berkarakteristik memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat. Kain Combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata sehingga penampilannya akan menjadi lebih halus , rata dan rapi. Ada beberapa jenis kain combed yang ada di pasaran.

Kain 20s memiliki ketebalan yang paling tebal, sedangkan combed 30s memiliki ketebalan yang paling tipis. Kain Combed merupakan kain yang paling banyak dipakai dan menjadi favorit kaos distro karena halus dan nyaman ketika digunakan, sebagai standar kaos bagus.

Jenis 20s lebih tebal, dan 30s lebih tipis, tergantung selera masing-masing lebih suka jenis yang mana.


2. Katun Carded

Dibandingkan dengan kain combed , kain cotton cardet memiliki serat benang yang kurang halus. Kain cardet merupakan kain KW1 nya kain combed sehingga Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata.

Kelebihan kardet jadi harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan cotton cardet sering digunakan untuk kaos-kaos yang dijual dipasar atau toko yang harganya lebih murah.


3. TC (Teteron Cotton)

Kaos TC adalah kaos polos yang dbuat dari bahan 65% teteron dan 35% cotton. Memang jenis bahan ini tdak 100% katun. Namun kualitasnya cukup bagus karena bahannya masih tetap terasa lembut saat dipakai.

Kaos polos TC ini harganya juga lebih murah daripada kaos berbahan katun yang juga biasa dipakai dengan sablon kaos manual, digital, maupun DTG.


4. Viscose

Kaos berbahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia) yang biasa digunakan sebagai bahan kain. Teksturnya memiliki kesamaan dengan tekstur kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna.

Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut. Namun kain ini sehingga harganya mahal dan jarang tersedia di pasaran.


4. Polyester

Polyester sesuai namanya, merupakan bahan serat sintetis yang terbuat dari bahan ester (dalam hal ini hasil sampingan minyak buni dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly). Kain jenis ini lebih tipis, agak kasar, dan kurang bisa menyerap keringat sehingga kadang-kadang terasa panas ketika dipakai sat gerah.


5. Hyget

Jenis bahan ini terbuat dari plastic dan sangat tipis, oleh karena itu harganya sangat murah. Bahan hyget sangat cocok jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak. Bahan ini bisanya banyak digunakan untuk keperluan kaos kampanye partai.

You may also like

Leave a comment