Inilah Berbagai Macam – Macam Bahan Tas

Jika kita memperhatikan model tas pasti banyak gayanya, begitu juga dengan macam-macam bahan tas yang pasti berbeda – beda. Bahan tas yang dipakai pria dan wanita biasanya akan menyesuaikan selera dan kebutuhan. Ada model tas ransel, rucksack, daypack dan tas branded wanita. Jika anda memperhatikan fashion tas, bahan dasar sangat mempengaruhi penampilan. Misalnya tas wanita branded berbahan kulit akan berbeda dengan berbahan sintetic. Selain itu kebutuhan juga mempengaruhi, apakah tas tersebut akan digunakan untuk membawa barang-barang sedikit yang ringan atau barang bawaan yang banyak dan berat.

Berbagai jenis tas pun di desain sesuai kebutuhan dan pada kondisi-kondisi tertentu serta bahan atau komposisi yang dipakai memperhatikan keawetan tas, kekuatan dan kualitas. Berikut ini bebera penjelasan dari MOI macam-macam bahan tas sesuai model tas dan kegunaannya yang bisa kamu ketahui.

 

1. Bahan Leather kulit

bahan tas kulit

Berbagai macam tas dengan bahan kulit hewan asli ternak seperti sapi, domba, kambing, kerbau dan lainnya, bahkan binatang buas seperti ular, singa, buaya, harimau dll. Bahan kulit adalah jenis-jenis tas yang mahal karena kulit asli sulit untuk didapatkan. Namun ada juga kulit sintetis hasil buatan manusia yang bentuknya sangat mirip kulit tetapi bukan kulit, jenis ini lebih murah dan mudah didapat.

 

2. Bahan Polyster

Jenis bahan polyester fabric yang biasa digunakan untuk pembuatan tas ransel, tas laptop dan lain sebagainya. Bahan ini pada umumnya tebal sehingga sering digunakan bagi yang menginginkan tas yang awet. Bahan Polyster mempunyai Kelebihan lainnya yaitu lebih tahan terhadap berbagai bakteri, tahan air (water-resistant) dan juga tidak mudah kusut ataupun melar, serta tahan terhadap pencucian kimia atau dry cleaning maupun pelarut organik. Namun, polyester juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menyerap keringat sehingga terasa panas saat digunakan di cuaca yang panas, bahan mudah terbakar sama halnya dengan kebanyakan bahan kain sintesis lainnya karena bahan bahan tersebut terbuat dari polimer.

 

3. Bahan Kanvas

tas gunung kanvas

Kanvas adalah bahan dasar tas kuat seperti tas gunung, daypack dan sejenisnya adalah kain kain buatan pabrik yang berserat tebal dan sangat kuat. Kanvas yang terbuat dari campuran katun dan polyster contohnya padajenis tas daypack yang kuat,  anti air dan mudah kering. Kain kanvas selain digunkan membuat tas, juga merupakan bahan sepatu, jaket, tenda, terpal, penutup truk, payung taman, dan berbagai macam aksesoris. Saat ini kanvas banyak terbuat dari kapas atau linen, namun tidak mengurangi kekuatan dari kain kanvas itu sendiri.

 

4. Bahan Denier

tas rucksack bahan Bahan dinier atau dinir merupakan bahan yang populer digunkan untuk tas rucksack dan ransel yang bentuknya trendi, ringan dan kuat, ontohnya seperti tas-tas ransel korea. Dulunya sering dipakai untuk jenis tas anak-anak. Bahan dinir mempunyai tekstur bahan nilon lembut dan fleksibel. Trend tas berbahan dinir melambung pada tahun 2013, model tas nya sederhana, ringan dan keren. Merek-merek tas ransel dan rucksack trendi sering memproduksi dengan bahan dinier

 

5. Bahan Satin

Bahan satin sangat identik dengan tas wanita branded. Satin adalah kain tipis dan seacara kasat mata agak mengkilap, biasa pada sebuah tas biasanya digunakan untuk bagian-bagian tertentu, seperti bagian luar tas pesta atau clutch yang divariasikan dengan manik-manik, pada tas branded banyak digunakan sebagai bahan dalaman tas. Istilah satin sendiri bisa diartikan sebuah metode pembuatan kain jenis tertentu yang menggunakan bahan –bahan seperti sutra, wol atau polyester sehingga menghasilkan satin. Dimanan awal mula kain satin adalah terbuat dari bahan sutera saja pada kisaran abad ke-12 di
China.

 

6. Bahan Denim

Ransel denim esgotado biruBahan denim berasal dari sebuah kota di Prancis, bernama Nimes. Awalnya bahan ini disebut Serge de Nimes, lalu kemudian dipersingkat menjadi denim (de Nims). Denim dulunya terkenal sebagai bahan celana jeans, tapi sekarang banyak model tas ransel dan tas selempang yang dibuat dari denim. Tas berbahan denim tentu lebih fashinable dan kekinian. Apalagi bahannya terkenal awet, mudah dicuci dan dibersihkan seperti halnya celana jeans.

 

Selain mengenal macam-macam bahan tas, berikut ini Perbedaan Tas Ransel Rucksack Carrier dan Daypack

Jual tas indonesia

Jual tas indonesia

You may also like

Leave a comment