Berbagai Kopi Terbaik Indonesia

Sebagai Pecinta kopi kamu pasti selalu ingin mencoba berbagai kopi dari setiap daerah yang kamu kunjungi. Karena pecinta kopi akan selalu penasaran dengan rasa kopi yang bermacam-macam, apalagi apabila suatu daerah terkenal akan rasa kopinya.

Nah sebelum kamu merasakan berbagai rasa dari kopi tersebut, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu nama-nama kopi dan bahan yang digunakan untuk kopi di Indonesia ini. Berikut ini adalah daftar Berbagai Kopi Terbaik Indonesia yang berhasil kita temukan dari setiap daerah di Indonesia.

  1. Kopi Aceh
    Berasal dari seduhan Bubuk Kopi Solong, Ulee Kareeng, Lakun (Gayo), Aceh
    Aceh merupakan penghasil kopi arabika di Indonesia serta memiliki para pecandu kopi yang besar. Kopi arabika memiliki rasa yang amat khas jika dibandingkan dengan kopi-kopi yang berasal dari daerah Jawa.
  2. Kopi Medan, yang berasal dari seduhan Bubuk Kopi Golden Shell, Medan, Sumatera Utara
  3. Kopi Lampung, yang berasal dari seduhan Kopi Aneka Rasa Buah, Kopi Luwak,
  4. Kopi Pagar Alam, yang berasal dari seduhan Kopi Gunung Dempo, Pagar Alam, Sumatera Selatan
  5. Kopi Bogor, yang berasal dari seduhan Bubuk Kopi Toko Suryati dan Kopi Cap Liong-Bulan, Bogor, Jawa Barat
  6. Kopi Bandung, yang berasal dari seduhan Bubuk Kopi Fabriek Aroma, Bandung, Jawa Barat
  7. Kopi Temanggung, yang berasal dari seduhan Bubuk Kopi Cap Robusta, Sindoro Sumbing, Aminah, dan Djinawi, Temanggung Jawa Tengah
  8. Kopi Solo, yang berasal dari seduhan Bubuk Kopi Tjap Angkring, Solo, Jawa Tengah
  9. Kopi Kediri, yang berasal dari seduhan Bubuk Kopi Berontoseno, Kediri
  10. Kopi Probolinggo, yang berasal dari seduhan Kopi Rempah-rempah (Kopi, Jahe, Kayu Manis), Probolinggo, Jawa Timur
  11. Kopi Malang, yang berasal dari seduhan Kopi Awan, Malang, Jawa Timur
  12. Kopi Bontang, yang berasal dari seduhan Bubuk Kopi JUDDAR, Bontang, Kalimantan Timur
  13. Kopi Watansoppeng, yang berasal dari seduhan Bubuk Kopi cap 777, Watansoppeng, Sulawesi Selatan
  14. Kopi Toraja, yang berasal dari seduhan Bubuk Kopi asal Toraja, Sulawesi Selatan
    Biji kopi Arabica di Toraja, pertama kali ditanam pada tahun 1750. Kopi ini juga mempunyai aroma daun yang khas, banyak yang memilih meminumnya tanpa campuran apapun, termasuk gula! Salah satu jenis kopi Toraja yang paling terkenal adalah jenis Toraja Kalosi yang banyak di ekspor ke Jepang.
  15. Kopi Manado, yang berasal dari seduhan Bubuk Kopi Cap Keluarga, Khas daerah Manado, Sulawesi Utara
  16. Kopi Balikpapan, yang berasal dari perkebunan kopi di daerah kilo dan Samboja
  17. Kopi Bengkulu, yang berasal dari seduhan Kopi merk 621 asli daerah Kepahiang Bengkulu
  18. Kopi Bali (kopi dari Kintamani – aroma jeruk, Kopi Singaraja)
    Desa Banyuatis merupakan salah satu penghasil kopi Bali berkualitas tinggi. Iklim di Bali emang cocok buat perkebunan kopi. Sebagian besar di ekspor ke Amerika Serikat dan Eropa. Pencampuran dua kopi Robusta dan Arabica yang ditanam disini, menghasilkan rasa dan aroma yang khas dari kopi Bali.
  19. Kopi lanang Banyuwangi (keunikan kopi tradisional khas banyuwangi biji kopi tidak berbelah untuk vitalitas pria)
    Jika Anda penikmat kopi, sempatkan berkunjung ke Sanggar Genjah Arum di Banyuwangi, Jatim, milik Setiawan Subekti. Di sana, Anda akan disuguhi kopi sekaligus diajari cara memperlakukan kopi oleh Setiawan, tester kopi yang namanya sudah mendunia.
  20. Kopi Situbondo (dari perkebunan jaman belanda – milik ptpn sekarang)
  21. Kopi Bondowoso (dari perkebunan jaman belanda – milik ptpn sekarang)
  22. Kopi Jember
    Pernah mendengar Java Coffee? Yup kopi ini adalah kopi terbaik di Jawa dan berasal dari daerah jember, jawa timur yang biasa terkenal dengan nama java sampit. Kopi ini diproses dengan cara digosongkan. Dan uniknya, setelah diseduh air panas, akan tercium sedikit aroma cabai. Diluar negeri, java coffee memang terkenal banget. Malah sampe sekarang, Java coffee masih jadi nickname buat nama segala jenis kopi dari Indonesia yang beredar di Amerika Serikat.
  23. Kopi Banaran
  24. Kopi Sipirok dari daerah Tapanuli Selatan.
  25. Kopi Mataram, yang berasal dari seduhan Kopi 555 asli daerah Mataram
  26. Kopi Jambi
  27. Kopi Kendari
  28. Kopi Sidoarjo
  29. Kopi Jakarta
  30. Kopi dari NTT
  31. Kopi Ambon,
  32. Kopi Papua (Wamena dan Jayapura)
    Kopi Arabika Wamena merupakan salah satu kopi produk Indonesia yang sudah mulai dikenal di seluruh Indonesia dan manca negara. Kopi Arabika Wamena tumbuh di lembah Baliem pegunungan Jayawijaya Wamena tanpa menggunakan pupuk kimia, sehingga kopi Arabika Wamena merupakan kopi Organik karena tumbuh subur secara alami. Kopi Arabika Wamena Papua memiliki aroma dan cita rasa yang khas dibandingkan dengan cita rasa kopi Arabika yang lain.
  33. Kopi Yapen
    Merupakan kopi yang paling nikmat di Papua. Ada dua alasan yang menyebabkan kopi ini istimewa. Pertama, karena kopi yapen ini di olah secara tradisional di Yapen, tepatnya di desa Ambai Diru. Kedua, karena cara menggoreng biji kopinya yang setengah matang, sehingga masih meninggalkan aroma legit seperti rempah sehingga ketika diseduh wanginya seperti wangi kopi capucino.
  34. Kopi Luwak (dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Sumatera)
    Kopi luwak adalah sebutan bagi kopi yang diambil dari kotoran hewan luwak atau musang. Kopi Luwak memiliki rasa yang lebih gurih dan mempunyai aroma yang lebih harum daripada kopi konvensional, inilah khas yang dimiliki oleh kopi luwak. Rasa ini didapat karena luwak atau musang hanya memakan biji kopi yang sudah merah dan dalam kondisi terbaik.
    Berbeda dengan kopi konvensional, kopi luak ini sudah tidak berkulit lagi karena sudah melalui semacam proses kimiawi di dalam pencernaan luwak. Dan lagi yang membuat rasa kopi luwak semakin khas dan sensasional adalah mungkin karena ketika biji kopi diolah di dalam perut luwak biji kopi tersebut bersenyawa dengan enzim pencernaan luwak hingga menghasilkan semacam menurunnya tingkat keasaman dari biji kopi tersebut.
0

Leave a comment