+62838-9177-9928

Bentuk-Bentuk Kerah Pada Kemeja Pria

Kemeja Pria memiliki berbagai jenis dan bentuk kerah yang bisa kita sesuaikan dengan acara-acara tertentu. Untuk itu pada ulasan kali ini kita akan membahas Bentuk-Bentuk kerah pada Kemeja Pria yang hingga saat ini sering kita jumpai. Dari segala kerah yang ada pada kemeja, tidak semuanya cocok apabila kita gabungkan dengan sebuah dasi. Nah agar kita ga salah dalam memakai kemeja pada acara tertentu, anda wajib sekali untuk mengetahui ulasan kami berikut ini.

 

Kerah Straigh-Point Collar

kerah straight point collar
Kemeja dengan kerah straight point collar

Jenis kerah ini mempunyai sudut lancip atau runcing yang lurus ke bagian bawah. Biasanya kemeja dengan jenis straigh point collar ini dipakai oleh para perkerja kantoran. Kemeja jenis ini memang sangat cocok untuk para karyawan karna memberikan tampilan yang rapih dan casual. Kerah tipe ini juga bisa anda padukan dengan sweater apabila dalam suasana yang dingin karena kerah straigh point collar ini memiliki lipatan yang sangat terlihat dibanding jenis kerah lainnya.

 

Kerah Button-Down Point Collar

Kemeja Button Down Collar
Kemeja dengan kerah button down collar

Kerah kemeja tipe ini memiliki kancing pada bagian bawah leher yang berfunsi untuk membuat kerah tetap pada tempatnya sehingga membuat kerah tetap rapih dan simetris. Pada kerah jenis ini ada beberapa kerah yang memiliki lubang pada bagian kerahnya sehingga memperlihatkan bagian kancingnya, dan ada pula yang hanya menggunakan semacam pengait dibalik lipatan kerah untuk kancingnya sehingga kancing tersebut tidak terlihat dari luar.

 

Kerah Tab-Collar

Kemeja Tab Collar
Kemeja Dengan Kerah Tab Collar

Kerah tab collar dikhususkan jika anda memakai sebuah dasi pada penampilan anda. Karna kerah jenis ini akan membuat anda terlihat aneh jika tidak memadukannya dengan dasi. Bentuk kerah tab-collar memiliki ujung ketah yang tajam dan  memiliki penahan pada bagian titik tengahnya. Penahan tersebut berfungsi merapatkan kerah tersebut saat menggunakan sebuah dasi. Pada saat ini kerah model Tab-Collar sudah jarang digunakan dan kalah bersaing dengan jenis-jenis kerah lainnya.

 

Kerah Spread-Collar

Kemeja Spread Collar
Kemeja dengan kerah Spread Collar

Kerah jenis spread-collar ini memiliki bentuk yang lebih terbuka atau lebar dari jenis kerah yang telah kita lihat sebelumnya. Jenis kerah ini memiliki tujuan untuk menunjukkan simpul dasi anda. Jadi untuk menggunakan kemeja dengan kerah spread-collar ini anda memang harus memadukannya dengan dasi, karna jika tidak anda sekali lagi akan terlihat aneh.

 

Kerah Band-Collar

Kemeja Hand Collar
Kemeja dengan kerah Hand Collar (Sanghai)

Banyak yang menyebut kerah ini dengan nama kerah sanghai, karna memang bentuk kerah ini mirip sekali dengan pakaian bangsa china/tiongkok. Model kerah band-collar ini juga bisa kita bilang mirip dengan baju koko (baju muslim pria). Jangan pernah sekalipun anda memakaikan dasi pada kemeja dengan kerah seperti ini, karna sangat tidak pantas untuk dilihatnya. Kemeja dengan kerah seperti ini biasanya tidak dipergunakan pada acara formal.

 

Kerah Wing-Collar

kemeja wing collar
Kemeja dengan kerah wing collar

Kemeja dengan kerah wing-collar cocok untuk setelan tuxedo yang mana menggunakan dasi pita atau biasa kita sebut dengan dasi kupu-kupu. Kerah ini mempunyai lipatan kecil pada ujung-ujungnya yang berbentuk segitiga sama kaki. Karna lipatan pada kerah ini kecil, maka dari itu lipatan kerah ini tidak menyentuh badan kemeja seperti beberapa kerah yang lainnya.

 

Kerah Club Col­lar

Club Collar Shirt
Kerah dengan model club collar

Kemeja dengan kerah club col­lar atau biasa disebut kerah bulat. Kerah seperti ini sangat populer pada tahun 1920-an. Kerah ini sama seperti jenis kerah straigh point collar hanya perbedaannya terdapat pada ujung kerah yang membulat dan tidak setajam straigh point collar.

Related Posts

Leave a comment