+62838-9177-9928

ASAL MULA CELANA CHINO

Saat ini kita semua pasti memiliki celana chino, setidaknya pasti ada 1pc di lemari pakaian kita. Celana Chino biasa digunakan pada kaum muda pada saat ini. Untuk itu mari kita cari tau sebenenrnya awal mula celana chino itu darimana dan bagaimana sih? nah Mall Online Indonesia mau ngasih informasi ke kamu nih asal mulanya celana chino bagaimana. Berikut ulasannya:

Terlebih dahulu kita bahas sejarah kata Chino, Jadi istilah kata Chino itu memang mirip-mirip dengan kata China atau orang china, memang benar chino itu artinya adalah China atau orang china dalam bahasa Spanyol. Mengapa disebut chino? karena pada zaman dahulu bahan celana chino yang dasarnya dari katun ini diimpor dari China, sehingga nama chino diambil dari bahan celana ini berasal. Istilah chino sering disamakan dengan sebutan “khakis” saat digunakan untuk mendeskripsikan sebuah celana. Kata “khakis” saat itu lebih dikenal dibanding chino, istilah khakis ini salanya dari bahasa Hindi yang mempunyai arti debu, karena pada saat itu celana chino berwarna coklat mudah yang mirip seperti debu.

Sebelum digunakan oleh seragam Amerika, Celana Chino pertama kali dipakai oleh seragam tentara Inggris. Karena celana ini digunakan untuk para militer perang maka rancangan dan design celana chino ini sangat sederhana, tanpa lipatan dan mempunyai design yang mengerucut serta lurus pada bagian pinggang. Bahan dari chino itu sendiri juga awet dan tahan lama, ringan, nyaman dan sangat baik dipakai pada kondisi yang hangat, maka dari itu celana ini sangat nyaman di medan perang.

sejarah chinos history
Celana Chino Pada Tentara Perang

Warna khakis mempunyai masa keemasannya pada abad ke 19 di negara Inggris, Khakis mulanya dibuat agar menyatu dengan lanskap India pada zaman kependudukan Inggris di negara tersebut. Sementara militer Amerika Serikat baru mengenakan khakis untuk seragam mereka pada akhir abad ke 19.

Saat Amerika menduduki Filipina setelah perang antara Spanyol-Amerika, Istilah chino baru mulai populer di masa itu. Hal tersebut dikarenakan penduduk Filipina yang kebanyakan menggunakan bahasa Spanyol, sehingga banyak sekali istilah-istilah yang diserap ke dalam Bahasa Inggris dari bahasa Spanyol. Bentuk dan model Chino tentara Amerika juga mempunyau design yang lurus dan sangat sederhana tanpa adanya lipatan, ditambah resletting plus sebuah kancing pada bagian depannya.

chino-pants-history-1
Awal Mula Celana Chino

Masyarakat Amerika mulai menggunakan celana ini pada awal abd ke 20, biasanya mereka memakai pada acara semi informal. Bahkan anak sekolah dan kuliah pada saat itu juga memakai celana chino ini pada kegiatan belajar mereka. Puncak keemasan celana chino terjadi pada tahun 50an karena saat itu celana jeans tidak pantas untuk dipakai saat kesekolah atau kuliah.

Seiring perkembangan zaman, celana chino terus berkembang dari berbagai design dan modelnya. Perubahan design celana chino ini menimbulkan banyaknya jenis-jenis celana chino dan variasi pada setiap celana tersebut, mulai dari adanya kantong yang memiliki kapasitas besar dan kecil, lipatan pada bagian depan, sampai pada hal-hal detail lainnya. Saat ini banyak juga terdapat celana chino yang dikhususkan untuk kaum wanita.

Yang pada awalnya celana chino harus terbuat dari katun murni dan bahannya berasal dari china, saat ini hal tersebut tidak begitu berlaku lagi. Bahan Polyster dan berbagau bahanyang anti terhadap noda sering sekali dipadukan dengan bahan katun sebagai bahan dasar dari produksi celana chino ini.

Related Posts

Leave a comment